Kamis, 04 November 2010

Ponsel Terkena Air

Jangan panik jika ponsel anda basah,tersiram cairan,bahkan terendam dalam air.
Pernakah ponsel anda terendam air atau jatuh kedalam bak kamar mandi/toilet???
Terbayangkan apa yang akan kita lakukan bila hal tersebut menimpa kita ? Bayangkan biaya servis yang besar bisa jadi akan mengganggu pikiran saat pertama kali mengetahui ponsel masuk dalam genangan air hingga mengalami basah sampi kebagian mesin.
Jangan panik jika ponsel basah,tersiram,bahkan terendam air.Apapun kondisinya setelah ponsel terendam air kita mesti tetap tenang dan jangan panik.Yang pasti ketenangan emosi saat ponsel terendam air sangat berkaitan erat dengan nasib siponsel.
Berikut tips dan langkah-langkah yang mesti kita lakukan saat ponsel terendam air :
1.       Jangan coba-coba mengaktifkan ponsel,kadang kala kita panik dalam menghadapi musibah ini.Karena khawatir ponsel kita mengalami keerusakan dan mencoba meyakinkan bahwa posel tidak akan rusak serta merta kita mengaktifkan ponsel.Memang pada kasus-kasunya tertentu kemungkinan posel aktif sangatlah besar tapi kita tidak mengetahui kalau dibagian dalam masih dalam kondisi basah dan mengandung air.Ini menyebabkan jalur dan komponen lainnya terputus.
2.     Segera copot baterai,langkah ini harus segera mungkin kita lakukan.Karena adanya aliran listrik diponsel lewat baterai bisa mengakibatkan kerusakan pada jalur-jalur atau spare part yang lainnya.
3.     Lepaskan SIM card,untuk mengamankan SIM card dari ancaman kerusakan dan gangguan lainnya,ada baiknya kita segera melepas SIM card.Sebelum disimpan,terlebih dahulu SIM card kita keringkan dengan kain atau tisu.
4.     Buka cashing dan usahakan semaksimal mungkin mengeringkannya,proses pengeringan ini bisa kita lakukan dengan berbagai alat bantuan misalkan saja kain halus,sapu tangan,tisu,dan juga cotton bud guna menjangkau celah-celah sempit dengan seksama.
5.     Diamkan beberapa menit diatas kain atau tisu,setelah semua bagian dikeringkan,ada baiknya ponsel kita diamkan sejenak.Kurang lebih sekitar 10-20 menit untuk memastikan tidak adanya kandungan air lagi didalamnya.
6.     Keringkan dengan kipas angin,kalau kita merasa belum yakin betul bahwa ponsel belum kering,sebaiknya kita gunakan kipas angin untuk mengeringkannya.Kita bisa mendekatkan ponsel kekipas angin dengan kecepatan maksimal yang ada dikipas angin.Boleh saja menggunakan pengering rambut (hairdryer).Namun berbeda dengan proses pengeringan dengan kipas angin,roses pengeringan dengan hairdryer silakukan mesti dengan hati-hati.Jarak antara ponsel dengan hairdryer tidak boleh terlalu dekat.Karena kalau terlalu panas,jalur-jalur di mainboard akan terganggu bahkan putus.
7.     Pastikan ponsel anda sudah kering,setelah yakin ponsel anda sudaj kering pasang bagian-bagian  yang anda lucuti keposisi tersusun seperti sedia kala.Mulailah dengan mencoba menyalakan ponsel anda.Apabila tidak berhasil,coba charge baterai karena ada kemungkinan baterai dalam keadaan kosong.
8.     Ponsel masih belum bisa aktif….

Terpaksa pikir sendiri yah ..!@!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar